Implementasi dasar-dasar Pancasila di SMA Selamat Pagi Indonesia

Perkembangan pendidikan semakin maju dengan begitu pesatnya, sekolah semakin banyak dan mudah diakses, setiap kota tumbuh sekolah-sekolah baru dengan karakter-karakter yang unik dan menonjol salah satunya adalah SMA Selamat Pagi indonesia yang berdiri sejak 1 Juni 2007 dan banyak sekali anak-anak indonesia yang terbantu pendidikannya. SMA selamat pagi indonesia dikenal dengan sekolah yang unik karena dikenal dengan 5 agamanya.

Dengan komitmen yang tinggi Yayasan Pendidikan Selamat Pagi Indonesia mempunyai impian dan cita-cita menjadikan anak-anak bangsa yang tidak mempunyai biaya pendidikan dapat menerima pendidikan secara gratis (free education cost) dengan layak sesuai dengan amanat undang-undang dasar 1945, dengan harapan anak-anak bangsa sebagai generasi penerus mempunyai kemampuan dalam membentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat. Hal ini untuk mengembangkan potensi anak-anak bangsa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dengan skill yang mumpuni.

SMA Selamat Pagi Indonesia yang berlokasi di Jalan Pandanrejo No 1 Bumiaji, Batu, Jawa Timur merupakan SMA berasrama (Boarding school) dengan murid dari seluruh Indonesia yang beranekaragam baik agama maupun suku menjadikan SMA Selamat Pagi Indonesia menjadi unik dan kompleks. SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan SMA gratis dimana seluruh biaya hidup dan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan dan dilaksanakan oleh sekolah. SMA selamat pagi indonesia tidak menerima dan meminta peserta didik atau wali murid mengeluarkan biaya apapun karena peserta didik yang diterima di SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan keluarga YATIM PIATU atau Tidak mampu yang memerlukan pendidikan di jenjang SMA.

SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya SMA di kota Batu yang menerapkan muatan lokal entrepreneurship lengkap dengan laboratoriumnya dengan nama Kampoeng Succezz. Kampoeng Succezz didirikan sebagai sarana belajar secara langsung dalam menerapkan teori-teori yang didapatkan dikelas. Sehingga peserta didik dapat mengalami dengan nyata dan menjadi kebiasaan (habit). Muatan lokal ini dilaksanakan  untuk mendukung program pemerintah kota Batu yang akan menjadikan kota batu sebagai kota wisata pendidikan. Program entrepreneurship yang dikembangkan oleh SMA Selamat Pagi Indonesia dilaksanakan sebagai sarana untuk memacu kemampuan life skill peserta didik sehingga nanti lulusannya mampu bersaing di era global.

Ditinjau dari sisi sarana prasarana, SMA Selamat Pagi Indonesia masih melakukan pembenahan secara bertahap mulai dari sarana kantor, pembelajaran, dan laboratorium sekolah. Setiap tahun pelajaran direncanakan ada penambahan sarana yang mendukung proses pembelajaran. Pembenahan secara bertahap ini dikarenakan pihak sekolah menyesuaikan dengan kucuran anggaran yang dikeluarkan oleh Yayasan Selamat Pagi Indonesia. Namun pihak yayasan dan sekolah selalu optimis akan mewujudkan pendidikan gratis dan mengahasilkan peserta didik yang mempunyai dedikasi tinggi dan menguasai teknologi.